Pelajari Inovasi, Kementerian PUPR RI Kunjungi Surabaya

By Admin

nusakini.com--Pemerintah Kota Surabaya dinilai telah menghasilkan berbagai inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Berbagai inovasi tersebut menjadi magnet yang menarik berbagai institusi untuk belajar dan mengadopsi. Salah satunya kunjungan dari peserta Diklat Kepemimpinan Kementerian PUPR Wilayah 4 Bandung 

Bertempat di ruang sidang Sekretaris Daerah, Balaikota Surabaya, Kamis (30/3), rombongan dipimpin oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Diklat. Sementara itu kunjungan disambut oleh Hidayat Syah, Asisten Administrasi Umum sekdakota Surabaya. 

Hidayat menjelaskan, Pemerintah Kota Surabaya memanfaatkan sistem elektronik yang terintegrasi dalam e-Government. Penganggaran dilakukan secara online melalui aplikasi e-Budgeting. Sedangkan pengelolaan sumber daya manusia dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi e-Performance. 

Terkait sistem penanggulangan bencana, Hidayat menjelaskan, Pemerintah Kota Surabaya membangun Command Center. Masyarakat dapat melaporkan kejadian kebencanaan melalui call center 112. Dalam Command Center tergabung berbagai satuan untuk penanganan bencana. Seperti kepolisian, satpol PP, Dinas Kebakaran, Linmas dan sebaganya. 

Masih menurut Hidayat, Pemerintah Kota Surabaya memanfaatkan sistem perijinan online terintegrasi Surabaya Single Window. Aplikasi tersebut dapat masyarakat akses secara online melalui aplikasi Android Surabaya Single Window. (p/ab)